Aqiqah Bogor – Tidak diragukan lagi Islam adalah hadiah terbaik dari Allah kepada kita, para penyembah-Nya di dunia ini. Semua elemen terlepas dari bagaimana kita hidup dan berdoa telah diatur dalam urutan dan cara yang benar. Siklus kehidupan dimulai saat manusia dilahirkan ke dunia oleh perantara ibunya.

Nama adalah harapan dan doa, itu yang selalu kita dengar. Nama adalah salah satu cara bagaimana kita membedakan setiap orang yang kita temui. Sebelum memberikan nama kepada anaknya, setiap orang tua perlu mengetahui aturan dan tata cara yang benar dalam Islam. Berikut ini kami sajikan 7 aturan penamaan nama bayi dalam islam.

1. Islam mewajibkan setiap orang tua untuk memberikan nama bagi anaknya

Dari QS Maryam ayat 7 kita semua tahu bahwa pemberian nama untuk bayi itu penting. Nama yang diberikan akan dipakai oleh anaknya baik di dunia maupun di akhirat. Tidak heran hal ini sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk memberikan nama yang terbaik untuk anaknya.

2. Memberi nama bayi adalah hak ayah

Sebagai seorang pria, terlebih lagi sebagai ayah, memiliki tanggung jawab besar untuk membuatkan nama yang baik bagi anak-anaknya. Akan lebih baik jika dia mempertimbangkan pasangannya untuk mengambil bagian dan mengambil beberapa pendapat dari sang istri sebelum memutuskan bagi anak bayi mereka.

3. Seorang anak bernasab pada ayahnya dan bukan pada ibunya

Nasab adalah untuk ayah bukan ibu. Di akhirat Allah akan memanggil nama setiap muslim diikuti dengan nama bapaknya. Seorang ayah dituntut untuk menamai bayinya dengan mengikuti aturan sesuai syariat dan mengacu pada bahasa Arab. Dengan demikian ia tidak akan mencelakakan anaknya karena memilih nama yang buruk.

4. Waktu yang tepat untuk memberi nama bayi

Rasulullah SAW bersabda untuk menamai bayi pada 3 waktu:

  • Pemberian nama saat bayi lahir
  • Pemberian nama pada hari ke 3 setelah bayi lahir
  • Pemberian nama pada hari ke 7 setelah bayi lahir

Memberi nama pada hari ke 7 bisa dilanjutkan dengan mengadakan aqiqah yang bisa Anda laksanakan bersama Karima Aqiqah Bogor.

5. Lebih cenderung memberi nama dengan 2 kata

Allah menyukai nama-nama seperti Abdurrahman dan Abdullah, kata Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, dll. Nama tersebut mengandung pemujaan kepada Pencipta kita dan memiliki arti yang indah sebagai penyembah Allah. Contoh lainnya adalah Abdul Aziz, Abdul Ghofur, Abdurrahim, dll. Sahabat pertama yang menamai anaknya dengan nama itu adalah Ibnu Marwan Al-Hakim.

Baca Juga: Pelajari Hal Penting Ini! Hak Bayi yang Baru Lahir

6. Lebih cenderung menamai bayi dengan nama nabi dan orang shalih di kalangan umat Islam

Diriwayatkan oleh Muslim, Al Hadits Mughiroh bin Syu’bah RA sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya mereka menamai (anak-anak mereka) dengan nama para nabi dan orang-orang saleh”

Sahabat Zubair bin ‘Awan RA menamai 9 anaknya dengan nama sahabat yang mati syahid dalam perang Badar, mereka adalah Abdullah, ‘Urwah, Hamzah, Ja’far, Mush’ab, ‘Ubaidah, Kholid, ‘Umar, dan Mundzir.

7. Pilih nama yang bagus dengan makna yang indah

Syekh Al-‘Utsaimin, berkata:

“Tanggung jawab sebagai orang tua adalah memilihkan nama anaknya yang tidak membuat mereka malu dan sakit hati ketika sudah dewasa. Karena mungkin ayah mereka menyukai nama yang tepat, yang tidak ada artinya di dalam.”

Namun belakangan si anak merasa terganggu dengan namanya dan semakin membuatnya kesal. Padahal, kita semua sudah tahu bahwa merugikan muslim lain adalah haram dalam Islam. Berdasarkan hal tersebut, maka dipertimbangkan bagi orang tua untuk memilihkan nama yang paling baik untuk anaknya dan paling diridhoi oleh Allah.

Ringkasnya pemberian nama kepada anak merupakan salah satu unsur untuk mengetahui kepribadian, ilmu keislaman yang memilih nama (orang tuanya). Secara umum dikatakan “min ismika, a’rifu abâk” (melalui namamu, aku bisa mengenal ayahmu).

Memberi nama di hari ke 7 yang dibarengkan dengan mengadakan aqiqah itu biasanya dilakukan oleh banyak orang di lingkungan kita. Oleh sebab itu Karima Aqiqah Bogor hadir untuk membantu Anda dalam melaksanakan ibadah yang satu ini. Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa aqiqah dari Karima Aqiqah selain memudahkan Anda dalam melaksanakan aqiqah.

Diantaranya adalah sistem pembayaran yang aman secara COD, cara pemesanan mudah karena secara online melalui WA saja, tata cara dan pelaksanaan sesuai dengan tuntunan syariat, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya saat Anda menggunakan Karima Aqiqah Bogor. Jadi hubungi kami sekarang juga atau langsung ke kantor kami yang informasinya ada di halaman ini.

Previous articlePelajari Hal Penting Ini! Hak Bayi yang Baru Lahir
Next articlePanduan dan Pedoman Dasar Hukum Aqiqah dalam Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here