Aqiqah Bogor Murah –  Aqiqah adalah perayaan dalam agama Islam untuk menyampaikan rasa terima kasih atas bayi yang lahir dengan menyembelih kambing. Syarat menyembelih kambing untuk anak laki-laki dan perempuan berbeda, yaitu 2 ekor kambing untuk anak laki-laki dan 1 ekor kambing untuk anak perempuan. Berikut informasi terkait aqiqah, dalilnya dan informasi lainnya tentang aqiqah dalam Islam.

Pendapat Ulama

Sebagian ulama menyebutkan bahwa aqiqah itu wajib, sebagian lagi mengatakan sunnah mu’akkad dan sebagian lagi mengatakan sunnah. Berikut pendapat para Ulama:

Antara sunnah dan wajib

Jumhur atau sebagian besar pendapat menyebutkan bahwa aqiqah adalah sunnah dan ada pula yang mengatakan wajib karena berkaitan dengan penyembelihan kambing secara langsung. Hari terbaik untuk melakukan aqiqah adalah pada hari ke 7 jika orang tua bayi tersebut mampu melakukannya.

Berdasarkan hadist shahih

Pendapat yang paling kuat adalah Sunnah Mu’akkad karena berkaitan dengan dalil para Ulama, sementara yang lain mengatakan bahwa itu adalah semacam pembebasan kurban dari kekang setan.

Aqiqah sunnah untuk anak

Rasulullah SAW bersabda:

“Semua bayi yang lahir digadaikan dengan aqiqahnya pada hari ke 7 dengan cara disembelih (kambing), diberi nama, dan dipotong rambutnya.” (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan para sahabat)

Ini adalah tradisi sunnah yang umum dilaksanakan oleh semua umat Muslim di dunia dan itu akan bertahan selamanya hingga akhir zaman.

Aqiqah sebagai kewajiban

Wajib bagi mereka (Muslim) yang memiliki kondisi keuangan yang baik karena pentingnya menyambut bayi yang lahir.

Baca Juga: Anak Baru Lahir? Inilah 7 Aturan Pemberian Nama Bayi dalam Islam

Hukum Aqiqah dalam Quran

Berikut adalah beberapa dasar aturan agama Islam dalam Al-Qur’an untuk mengadakan aqiqah:

Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy

Ia menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Aqiqah adalah melakukan aqiqah untuk melahirkan, menyembelih hewan, dan menghilangkan semua gangguannya.” (HR Bukhari 5472)

Samurah bin Jundab

Ia menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Semua bayi yang lahir digadaikan dengan aqiqahnya pada hari ke 7 dengan cara disembelih (kambing), diberi nama, dan dipotong rambutnya.” (HR Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, An-Nasa’ 7/166, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/7-8 serta 17-18, 22, Ad Darimi 2 /81, dan lainnya.

Aisyah RA

Dia menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Bayi laki-laki akan memiliki 2 kambing dan bayi perempuan akan memiliki 1 kambing.” Shahih, Teorema Ahmad (31/2, 58.251), Tirmidzi (1513), Ibnu Majah (3163), Sanad Hasan.

Ibnu Abbas

Ibnu Abbas menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Lakukan Aqiqah untuk Hasan dan Hussein untuk masing-masing 1 ekor kambing.” (HR Abu Dawud 2841)

‘Amr bin Su’aib

Kakek buyut dan kakeknya menyebutkan bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang ingin menyembelih kambing untuk menyambut kelahiran bayi; dia akan menyiapkan 2 kambing yang sama untuk anak laki-laki dan 1 untuk anak perempuan.” HR Abu Dawud (2843), An-Nasa’i (7/162-163), Ahmad (2286, 3176), Abdur Razaq (4/330), dan Al-Hakim Shahih (4/238).

Fatimah binti Muhammad

Ketika Fatimah binti Muhammad melahirkan, Rasulullah bersabda, “Potong rambutnya, beri sedekah kepada orang miskin begitu juga dengan rambut yang dipotong.” HR Ahmad (6/390), Thabrani dalam “Mu’jamul Kabir” (1/121/2), Al-Baihaqi (9/304) dari Syuraiq Abdillah bin Muhammad bin Uqoil.

Melaksanakan aqiqah itu sangat penting setelah Anda mengetahui dan memahami berbagai dasar hukum aqiqah dalam Islam. Oleh sebab itu Karima Aqiqah Bogor murah hadir untuk membantu Anda dalam melaksanakan ibadah yang satu ini. Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa aqiqah dari Karima Aqiqah selain memudahkan Anda dalam melaksanakan aqiqah.

Diantaranya adalah sistem pembayaran yang aman secara COD, cara pemesanan mudah karena secara online melalui WA saja, tata cara dan pelaksanaan sesuai dengan tuntunan syariat, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya saat Anda menggunakan Karima Aqiqah Bogor murah. Jadi hubungi kami sekarang juga atau langsung ke kantor kami yang informasinya ada di halaman ini.

Previous articleAnak Baru Lahir? Inilah 7 Aturan Pemberian Nama Bayi dalam Islam
Next articleQurban dan Aqiqah, Mana yang Harus Didahulukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here