Paket Aqiqah Bogor – Qurban dan Aqiqah itu dilakukan dengan cara yang hampir sama. Hanya beberapa perbedaan saja seperti tujuan melakukannya, waktu, dan beberapa hal yang lainnya. Namun yang perlu Anda pahami adalah Anda dapat menggunakan jasa dari Karima penyedia aqiqah Bogor untuk melaksanakan aqiqah di rumah Anda. Berikut adalah ulasan kami terkait Aqiqah dan Qurban serta mana yang harus Anda lebih dahulukan untuk dilaksanakan.

Apa itu Qurban?

Qurban mengacu pada pengorbanan ternak demi Allah. Dan hanya bisa dilakukan selama bulan Dzul Hijjah, dilakukan antara tanggal 10 dan 13 pada bulan tersebut. Muslim di seluruh dunia menyembelih hewan ternak berupa kambing, domba, sapi atau unta untuk mencerminkan kesediaan Nabi Ibrahim AS dalam mengorbankan anaknya Nabi Ismail AS. Setidaknya sepertiga dari daging hewan harus diberikan kepada orang miskin / tidak mampun. Secara umum, seseorang akan mendapatkan bagian sepertiga dari daging untuk keluarga dan memberikan sepertiga terakhir kepada tetangga / kerabat atau teman.

Bisakah Kita Berqurban Atas Nama Sekeluarga?

Ada berbagai pendapat mengenai hal ini dimana sebagian ulama memperbolehkan sedangkan yang lainnya tidak. Biasanya seseorang mengorbankan seekor kambing atau domba atas namanya sendiri. Mereka yang memilih untuk melakukan qurban bersama-sama biasanya akan mengorbankan seekor sapi yang dibagi menjadi 7 bagian atas nama orang yang berqurban.

Apa itu Aqiqah?

Kelahiran seorang anak merupakan nikmat dan anugerah yang sangat besar dari Allah SWT. Salah satu dari banyak cara untuk momen yang satu ini dirayakan adalah melalui Aqiqah. Aqiqah adalah tindakan mengorbankan hewan untuk menandai momen kelahiran anak. Idealnya, ini harus dilakukan tujuh hari setelah kelahiran anak. Atau jika tidak, setiap tujuh hari berikutnya atau sebelum anak tersebut dewasa dan berdasarkan kalender Islam atau kalender Hijriah.

Aqiqah setelah kelahiran anak sangat dianjurkan bagi orang tua atau wali dari anak tersebut. Ini bermanfaat karena berbagai alasan; bersamaan dengan tujuan mengumumkan kelahiran anak Anda dan berterima kasih kepada Allah SWT atas berkah tersebut, membantu mempersatukan anggota keluarga dan orang-orang terkasih di acara spesial ini. Amal ibadah ini juga memberi kita kesempatan untuk berbagi perayaan kita dengan mereka yang kurang beruntung dari kita (seperti yatim piatu dan mereka yang membutuhkan) dengan mempersembahkan olahan daging dari kurban bersama mereka.

Baca Juga: Panduan dan Pedoman Dasar Hukum Aqiqah dalam Islam

Aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan berbeda-beda; untuk bayi laki-laki adalah dengan menyembelih dua ekor hewan dan untuk bayi perempuan cukup satu ekor saja. Aqiqah boleh dilakukan selama anak belum baligh. Meskipun ada beberapa ulama yang memperbolehkan bagi si anak untuk melakukan aqiqah bagi dirinya sendiri saat sudah dewasa.

Jika saya belum melakukan Aqiqah untuk anak saya, mana yang harus saya lakukan terlebih dahulu?

Mari kita simak bersama untuk perbedaan antara qurban dan aqiqah:

  1. Berqurban hanya bisa dilakukan antara tanggal 10 sampai 13 di bulan Dzulhijjah. Aqiqah bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat masa Qurban. Ini adalah sunnah untuk melakukannya pada hari ke 7 kelahiran anak, jika tidak mampu, setiap 7 hari berikutnya setelah atau sebelum anak mencapai pubertas (baligh).
  2. Keduanya memiliki hukum sunnah, Qurban dilakukan untuk mensyukuri kehidupan kita sehari hari dan masih banyak lagi alasan yang patut kita syukuri. Aqiqah dilakukan untuk mengucap syukur dan rasa terima kasih kepada Allah SWT atas kelahiran anak yang baru.
  3. Qurban bisa dilakukan setiap tahun. Aqiqah dilakukan sekali seumur hidup.
  4. Tidak ada batasan jumlah hewan yang disembelih untuk tujuan qurban. Yang ingin berqurban bisa berqurban sebanyak yang diinginkan. Sunah untuk Aqiqah adalah 1 domba/kambing untuk anak perempuan dan 2 ekor domba/kambing untuk anak laki-laki.

Jika anak Anda sebentar lagi mendekati pubertas atau baligh, kami menyarankan Anda untuk melakukan aqiqah terlebih dahulu. Jika tidak, Anda dapat melakukan qurban sambil menabung untuk aqiqah yang dapat dilakukan pada waktu lain dalam setahun. Karena keduanya adalah sunnah, Anda dapat memilih mana yang ingin Anda lakukan berdasarkan keadaan Anda.

Oleh sebab itu Karima penyedia paket aqiqah Bogor hadir untuk membantu Anda dalam melaksanakan ibadah yang satu ini. Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus menggunakan jasa aqiqah dari Karima Aqiqah selain memudahkan Anda dalam melaksanakan aqiqah.

Diantaranya adalah sistem pembayaran yang aman secara COD, cara pemesanan mudah karena secara online melalui WA saja, tata cara dan pelaksanaan sesuai dengan tuntunan syariat, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya saat Anda menggunakan Karima penyedia paket aqiqah Bogor. Jadi hubungi kami sekarang juga atau langsung ke kantor kami yang informasinya ada di halaman ini.

Previous articlePanduan dan Pedoman Dasar Hukum Aqiqah dalam Islam
Next article5 Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda Menurut Islam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here